Inilah Berbagai Cara Unik Tumbuhan Hidup

Adaptasi tumbuhan air (pixabay.com)
Adaptasi tumbuhan air (pixabay.com)

Kondisi tersebut mengharuskannya untuk memiliki daun yang lebar untuk memperbesar jumlah air yang diuapkan baik saat respirasi maupun fotosintesis.

Tidak hanya daun yang lebar, tumbuhan air seperti teratai dan eceng gondok juga memiliki batang berongga yang dapat menampung udara.

Selain itu, tumbuhan air umumnya juga memiliki akar yang panjang untuk dapat mencapai permukaan tanah atau menyeimbangkan tubuhnya sehingga dapat mengapung dengan baik.

Bau Busuk

Tidak semua jenis tumbuhan mempunyai bunga berbau harum.

Ada beberapa jenis tumbuhan yang menghasilkan aroma busuk dari bunganya.

Sebut saja bunga bangkai dengan nama latin Amorphophallus titanum yang merupakan salah satu bunga terbesar di dunia dan menjadi kebanggaan negara Indonesia.

Bunga bangkai menghasilkan aroma busuk tentunya untuk mempertahankan keberadaan spesiesnya.

Adaptasi yang dilakukan bunga bangkai tersebut akan menarik serangga untuk hinggap pada bunganya sehingga terjadi penyerbukan.

Daun Menutup

Putri Malu (pixabay.com)
Putri Malu (pixabay.com)

Tumbuhan putri malu yang menutup daun apabila mendapat rangsangan merupakan bentuk pertahanan diri.

Adaptasi tersebut dimiliki putri malu untuk melindungi dirinya dari hewan pemakan tumbuhan atau herbivora.

Ketika mendapat rangsangan dari hewan yang akan memakannya, daun putri malu akan menutup sehingga herbivora tidak jadi memakan daunnya.

Batang Licin

Batang licin yang dimiliki oleh beberapa jenis tumbuhan seperti Ekaliptus (Eucalyptus sp.) juga merupakan bentuk pertahanan diri.

Batang pohon yang kulitnya selalu mengelupas setiap saat menjadikannya licin sehingga berbagai tanaman epipit ataupun benalu enggan menempel di batang dan cabang pohon tersebut.

Kulit batang ekaliptus selalu tampak mulus dan halus karena selalu mengelupas.

Tidak adanya tumbuhan epifit atau benalu menjadikan ekaliptus tidak perlu berbagi nutrisi atau merasa terganggu dengan tumbuhan lainnya.

Itulah sedikit informasi mengenai cara tumbuhan bertahan hidup. Semoga menambah wawasan kamu ya.

Editor:
Mega Dinda Larasati