Gumuk Pasir Sumalu, Cantiknya Tidak Malu-Malu!

Diposting pada

Tanah Toraja ternyata tidak hanya mempunyai kebudayaan unik dan kopinya yang mantap rasanya, namun juga ada beberapa tempat wisata alam dengan pemandangan cantik serta unik pula lho. Salah satunya adalah Gumuk Pasir Sumalu. Gumuk Pasir Sumalu adalah tempat wisata yang berupa gundukan pasir luas berwarna hitam.

Gumuk Pasir Sumalu (instagram.com)
Gumuk Pasir Sumalu (instagram.com)

Lokasi Gumuk Pasir Sumalu sendiri ada di Rantebua Sumalu, Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Meskipun hanyalah gundukan pasir, namun Gumuk Pasir Sumalu ini mempunyai pemandangan yang cantik lho. Gundukan pasirnya yang berwarna hitam mempunyai bentuk seperti bukit, namun alurnya tidak simetris dan akan terasa nyaman ketika dipandangi dengan mata secara langsung.

Selain itu udara di sini juga sangatlah sejuk seperti udara di pegunungan. Semua lelah otomatis hilang deh kalau berkunjung ke sini.

Si cantik matahari terbit dan tenggelam bisa Anda nikmati di sini juga lho. Kalau ingin melihat matahari terbit harus bangun pagi-pagi ya dan jangan lupa juga untuk membawa jaket lumayan tebal karena udaranya sejuk-sejuk dingin gitu haha.

Anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis untuk berkunjung ke Gumuk Pasir ini. Namun, jika Anda membawa kendaraan pribadi ya harus membayar tiket parkir.

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata alam ini Anda pastinya harus ke Kota Rantepao terlebih dahulu. Kota ini merupakan kota terbesar yang ada di Toraja Utara. Di sana Anda bisa menyewa kendaraan roda dua karena jalanan menuju Gumuk Pasir Sumalu itu lumayan kecil dan menanjak. Anda akan menghabiskan waktu sekitar 45 menit dari kota untuk sampai ke Gumuk Pasir Sumalu. Selama di perjalanan, pemandangan yang bisa didapatkan adalah perkampungan dan perbukitan.

Setelah itu, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 500 meter. Namun dijamin deh kalau sudah melihat Si Gumuk Pasir Sumalu ini rasa lelah, capek, dan letih akan otomatis terlupakan.

Berfoto di Gumuk Pasir Sumalu (instagram.com)
Berfoto di Gumuk Pasir Sumalu (instagram.com)

Jadi bagaimana ini informasinya? Sudah cukup belum untuk menghipnotis Anda agar berkunjung ke Gumuk Pasir Sumalu? Semoga bisa membantu ya.

 

Editor:
Mega Dinda Larasati