Greta Thunberg Berkesempatan Untuk Mendapat Penghargaan Nobel Perdamaian

Diposting pada
Greta Thunberg
Greta Thunberg

Greta Thunberg adalah seorang gadis pemberani yang lahir pada tanggal 3 Januari 2003 di Stockholm, Swedia. Ia merupakan seorang aktivis lingkungan yang melakukan kampanye isu-isu mengenai perubahan iklim dan pemanasan global.

Jika dilihat dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan Greta Thunberg, ia bisa saja menjadi penerima hadiah penghargaan Nobel Perdamaian.

Ia sangatlah konsisten melaksanakan upayanya untuk membatasi perubahan iklim akibat ulah manusia.

Sejak Agustus 2018 hampir setiap hari Jumat ia bisa ditemui di depan Gedung Parlemen Stockholm, Swedia untuk melancarkan protesnya kepada para otoritas.

Ia juga memilih tidak menggunakan pesawat terbang untuk bepergian ke negara lain dengan tujuan mengurangi dampak perubahan iklim karena kerusakan yang ditimbulkan oleh transportasi ini.

Bahkan, saat bepergian ke Amerika Serikat saja untuk menghadiri konferensi perubahan iklim di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) New York, Ia membutuhkan waktu perjalanan selama 2 minggu dengan menggunakan transportasi laut.

Greta Thunberg juga berhasil mempelopori protes iklim global pada tanggal 20 September yang menjadikan jutaan orang dari berbagai negara bersatu untuk menuntut otoritas agar melakukan sesuatu demi lingkungan.

Saat itu telah terjadi lebih dari 1.700 pemogokan di 150 negara di 6 benua.

Masih ada banyak hal lagi yang bisa menjadi alasan mengapa Greta Thunberg berhak mendapatkan hadiah penghargaan Nobel Perdamaian tahun 2020.

Jika berhasil mendapatkan hadiah penghargaan Nobel Perdamaian maka ia akan menjadi wanita ke 18 dalam sejarah penerimanya.

Sejak tahun 1901, penghargaan tersebut telah diberikan ke 866 orang pria dan 54 wanita telah dinominasikan.

Greta Thunberg menjadi usia termuda setelah penerima termuda yang pernah menerima hadiah Nobel yaitu Malala Yousafsai yang merupakan aktivis pendidikan dari Pakistan.

Terlepas dari ia berhasil terpilih sebagai pemenang atau tidak, Greta Thuberg akan terus melanjutkan upayanya untuk menekan orang-orang berkuasa di dunia supaya mengatasi kenyataan darurat perubahan iklim.

Noble Prize untuk Greta (pinterest.com)
Noble Prize untuk Greta (pinterest.com)

Akankah Greta Thunberg berhasil mendapat hadiah penghargaan Nobel Perdamaian pada tahun 2020?

Ia adalah gadis yang pantas untuk mendapatkannya!

Referensi:
Devany S. 2020. Mengapa Greta Thunberg Layak Memangkan Hadiah Nobel Perdamaian [internet]. Terdapat pada: https://www.vogue.co.uk/news/article/greta-thunberg-nobel-peace-prize

Editor:
Mega Dinda Larasati