Gili Trawangan, Pesona Bahari Lombok yang Memukau

Diposting pada

3.2 Diving

Scuba Diving di Gili Trawangan

Buat kamu yang hobi diving dan sudah memiliki licence diving wajib banget lho menikmati keindahan bawah laut Gili Trawangan. Dijamin deh pemandangan bawah laut Gili Trawangan gak akan mengecewakan kamu.

Kalau kamu belum punya license diving tapi tetap ingin diving, kamu bisa ambil paket Discovery Scuba Diving. Paket ini sudah termasuk latihan diving selama dua jam baik teori maupun praktik langsung.

Jangan lupa buat nego harga diving ya karena biasanya tarif diving untuk wisatawan domestik lebih murah dibandingkan tarif untuk wisatawan mancanegara.

3.3 Water sport

Aktivitas seru lainnya yang dapat kamu lakukan adalah olahraga air atau water sport. Banyak sekali lho pilihan water sport yang bisa kamu coba misalnya, banana boat, jet sky, kayak, paddle board, surfing, dan lain sebaginya. Ingat juga ya olahraga air di sini sedikit lebih mahal, jadi kalau kamu mau mencoba keseruannya kamu harus bersedia merogoh kocek lebih dalam.

3.4 Jelajah Pulau

Kamu bisa menyewa sepeda atau cidomo untuk menjelajahi Gili Trawangan. Jangan kawatir capek yak karena pulau ini termasuk pulau dengan ukuran relatif kecil jadi kamu gak akan merasa capek saat menjelajahinya.

Gili Trawangan memiliki garis pantai sepanjang 7,5 km jadi kamu gak perlu waktu yang lama untuk menjelajahi pulau ini.

3.5 Pertunjukan budaya

Jika berwisata di Gili Trawangan kamu harus menyempatkan diri untuk melihat pertunjukan budaya khas Pulau Lombok berupa kesenian bela diri tradisional bernama peresean atau stick fighting. Peresean sendiri merupakan pertarungan antara dua laki-lagi dengan menggunakan tongkat rotan sebagai senjata dan perisai dari kulit kerbau tebal/keras. Meskipun terlihat beringas, namun sebenarnya pertunjukan ini sangat menjunjung tinggi sportifitas.

Pertunjukan Persean yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Suku Sasak ini dapat kamu tonton di sekitar pasar seni Gili Trawangan.

3.6 Nonton Film di Tepi Pantai

Ini dia aktivitas yang jarang ditemui di berbagai destinasi wisata lainnya tapi bisa kamu temui di Gili Trawangan. Bagi kamu pencinta film, kamu dapat menonton film di Gili Trawangan sambil menikamati suasana pantai di alam terbuka. Tentunya sensasi nonton film di tempat ini akan terasa jauh berbeda dibanding nonton film di Bioskop lho.

 

4. Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Gili Trawangan sangat lengkap bahkan sudah banyak yang berstandar internasional. Mungkin karena mayoritas wisatawan yang berwisata di tempat ini merupakan wisatawan mancanegara. Keren bukan? Bahkan Gili Trawangan merupakan satu-satunya pulau kecil yang memiliki Bar Irlandia juga lho.

Fasilitas umum yang ada di Gili Trawangan berupa pelabuhan, penginapan, rumah makan, pasar, mesjid, dan lain sebagainya. Di pulau ini juga tersedia berbagai jenis mesin ATM seperti ATM Bank Mandiri, BNI, CIMB Niaga, dan Danamon jadi kamu gak perlu khawatir kehabisan uang tunai kalau berwisata di sini.

 

5. Penginapan dan Hotel

Ketika kamu ingin berada di Gilli Trawangan lebih dari satu hari maka kamu harus menyewa penginapan atau hotel. Gak usah takut dapet penginapan yang gak sesuai seleramu karena di Gili Trawangan banyak sekali pilihan hotel, resort, villa, maupun penginapan sederhana yang terletak di tepi pantai.

Bagi kamu yang ingin benar-benar merasakan keindahan alam Gili Trawangan maka kamu bisa mencoba penginapan dengan konsep glamping atau glamour camping. Kalau kamu menginap di resort ini maka kamu akan tinggal di tenda mewah dengan nuansa tropis pinggir pantai. Pasir pantai putih yang halus dan rindangnya pohon kelapa akan langsung menemanimu juga.

Bagi kamu yang ingin berhemat, kamu juga masih bisa menyewa penginapan murah kok di tepi pantai. Penginapan ini biasanya berupa homestay dan disewakan dengan harga mulai dari Rp 200.000 saja.

 

6. Kuliner

Menikmati Kuliner Khas Pantai Gili Trawangan

Kalau kamu berkunjung ke Gili Trawangan jangan lupa sempatkan diri untuk berburu makanan lezat di tempat ini ya. Di sekitar pantai banyak sekali kafe yang menyediakan makanan asing, seperti masakan Eropa, Amerika, Irlandia, dan lain sebagainya. Mungkin karena banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tempat ini ya jadi banyak kuliner makanan asing di sini.

Kamu juga tetap bisa menemukan masakan lokal kok di tempat ini. Banyak pedagang yang menjual es krim, rujak, dan berbagai jenis makanan olahan ikan di sekitar pantai Gili Trawangan.

Jangan sampai melewatkan Gili Gelato juga lho. Gili Gelato merupakaan es krim legendaris khas Gili Trawangan yang tersedia dengan berbagai rasa. Harga untuk satu scoop-nya sebesar Rp 20.000, sedangkan harga untuk dua scoop sebesar Rp 30.000.

Oh ya sekedar info tambahan aja nih, kamu harus inget ya makanan dan minuman di Gili Trawangan ini harganya relatif lebih mahal. Hal ini juga berlaku untuk harga makanan dan minuman yang dijual di minimarket lho. Buat kamu yang ingin berhemat sebaiknya mempersiapkan makanan yang cukup ya sebelum menyebrang ke pulau ini.

 

7. Keistimewaan Gili Trawangan

7.1 Pantai yang menghadap ke barat dan ke timur

Pantai Gili Trawangan berbeda dengan pantai yang berada di destinasi wisata pada umumnya. Pantai di sini menghadap ke barat dan ke timur lho. Jadi sejauh mata memandang kamu akan dibuai oleh keindahan pantai Gili Trawangan. Bagaimana tidak? Perpaduan antara langit biru, harmoni warna biru laut, dan pantai putih dengan desiran ombaknya dijamin akan menghipnotis kamu dalam sekali pandang.

Pantai yang ada di sebelah timur lebih ramai oleh penduduk lokal dan wisatawan karena merupakan pusat aktivitas ekonomi pulau tersebut. Berbeda dengan pantai sebelah barat yang terlihat lebih sepi, namun tak kalah mempesona.

Gambar Gravatar
Mahasiswa Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB.