Geopark Ciletuh: Lokasi Eksotik Primadona Wisata Baru Jawa Barat

Diposting pada

6.1 Pantai Palangpang

Pantai Palangpang Geopark Ciletuh

Di objek wisata Pantai Palangpang ini terdapat tugu Geopark Ciletuh. Lokasinya berjarak sekitar 200 km lebih dari wilayah Kota Bandung. Pantai Palangpang tidak terlalu ramai, warung-warung di pinggiran pantai pun hanya sedikit jumlahnya. Tetapi yang menjadi primadona dari Pantai Palangpang ini adalah terdapatnya pemandangan berupa perbukitan hijau dan tampak aliran sebuah air terjun dari kejauhan.

6.2 Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh

Aliran air Curug Cimarinjung ini dapat terlihat dari pantai Palangpang. Perjalanan untuk mencapai air terjun ini hanya diperlukan jalan kaki sekitar 1 km dari pantai. Terlihat dari dekat, aliran airnya cukup besar dan tampak megah karena tebingnya yang terdiri dari batuan besar yang di atasnya ditumbuhi tumbuhan hijau. Bebatuan di sini tampak tak biasa karena terlihat klasik ala bebatuan purba zaman jurasik.

6.3 Puncak Darma

Puncak Darma Geopark Ciletuh

Objek wisata alam di Geopark Ciletuh ini adalah tempat di mana kita dapat menikmati pemandangan dari ketinggian. Untuk sampai ke Puncak Darma butuh perjuangan ekstra. Anda bisa trekking atau berjalan kaki sekitar satu jam atau naik ojek yang memang khusus untuk antar jemput ke Puncak Darma.

6.4 Curug Sodong

Curug Sodong Geopark Ciletuh

Objek wisata alam di Geopark Ciletuh selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Curug Sodong. Banyak pula yang menyebut air terjun ini sebagai Curug Kembar. Ya, Curug Sodong memang memiliki dua aliran air cukup besar yang mengalir berdampingan.

Di balik air terjun ini terdapat cekungan yang bentuknya menyerupai gua. Oleh karenanya, objek wisata ini disematkan kata “sodong” yang diambil dari bahasa Sunda yang berarti gua. Di musim kemarau, pengunjung bisa memasuki gua tersebut, sementara di musim hujan pengunjung bisa menikmati pemandangan derasnya air Curug Sodong yang mengalir dari atas tebing batuan berwarna kecoklatan yang tampak megah.

6.5 Curug Cikanteh

Curug Cikanteh Geopark Ciletuh

Destinasi selanjutnya di Geopark Ciletuh adalah Curug Cikanteh. Di dekat Curug Sodong terdapat aliran air terjun lain yang tak kalah menarik yaitu Curug Cikanteh. Di curug ini airnya deras mengalir dari tebing batuan tinggi dan jatuh ke bebatuan besar di bawahnya yang tak beraturan sehingga menciptakan aliran air yang melebar dan tampak megah.

Untuk sampai ke destinasi wisata alam Curug Cikanteh, para wisatawan harus berjalan kaki sekitar 15 menit, lalu menyeberang aliran sungai. Dahulu kala ada jembatan untuk akses ke Curug Cikanteh, tetapi sayangnya saat ini jembatan tersebut sudah ambruk dan belum diperbaiki lagi.

6.6 Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan Geopark Ciletuh

Tidak seperti perjalanan menuju Puncak Darma, Tebing Panenjoan ini dapat dijangkau dengan mudah karena letaknya di pinggir jalan dekat kantor PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi). Berada di ketinggian 342 meter di atas permukaan laut, tebing Panenjoan bisa dikatakan sebagai amfiteater alam raksasa dengan sajiannya yang menakjubkan.

Objek wisata alam di Geopark Ciletuh ini menyuguhkan pemandangan alam yang didominasi oleh tutupan lahan berupa persawahan, rumah penduduk, dan perbukitan yang membentang luas hingga pantai Palangpang.

6.7 Curug Awang

Curug Awang Geopark Ciletuh

Curug Awang ini sangat populer bagi para wisatawan di antara air terjun dan curug lain yang ada di Geopark Ciletuh. Curug ini menyuguhkan pemandangan air terjun mirip Niagara. Airnya yang deras mengalir pada tebing batu tinggi berwarna coklat yang memanjang. Di bawahnya terdapat kolam yang bisa dipakai untuk berenang. Di Curug Awang, anda juga bisa menikmati hamparan sawah hijau dan bebatuan yang berukuran besar.

Selain ketujuh tempat destinasi wisata alam tersebut, masih terdapat banyak objek wisata alam lainnya di Geopark Ciletuh yang tentunya tidak kalah menarik baik dari fungsinya maupun keindahan eksotika alamnya.

Selain destinasi-destinasi wisata alam yang ada di Geopark Ciletuh, anda juga dapat mengunjungi Pantai Ujung Genteng yang lokasinya tidak terlalu jauh dari sini. Untuk melihat-lihat Pantai Ujung Genteng silakan kunjungi artikel berikut yah, Pantai Ujung Genteng, Pesona Keindahan Pesisir Selatan Jawa.

 

7. Tips Berkunjung

Tips Berkunjung