FORESTSHARE 3 ITB 2018: Forest for National Food Security

Setelah sukses dengan Forestshare 1  dan Forestshare 2, kini HMH ‘Selva’ ITB kembali lagi mengadakan Forestshare 3 dengan tema “Forest for National Food Security” yang merupakan kegiatan untuk mengedukasi masyarakat mengenai peran hutan dalam menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan partisipasi publik dalam menumbuhkan kesadaran akan peran hutan dalam menjaga ketahanan pangan melalui seminar kehutanan dan lomba.

Isu mengenai ketahanan pangan yang sedang terancam karena kelangkaan bahan pangan utama menjadikan latar belakang dari Forestshare 3, kelangkaan yang terjadi akibat menurunnya produksi, efektivitas aplikasi teknologi, pengalihan lahan, dan kegiatan yang hanya mendukung pembangunan insfrastruktur menjadikan bahasan menarik yang akan diulas lebih dalam oleh praktisi dari beberapa sektor seperti kementerian, pemerintah provinsi dan akademisi.

FORESTSHARE 3 Forest for National Food Security
FORESTSHARE 3 Forest for National Food Security

Acara Forestshare 3 terdiri dari 2 rangkaian acara, yaitu Pre Event diisi dengan kegiatan pameran kolaborasi HMH ‘Selva’ ITB dengan Vasa ITB yang dilaksanakan pada Sabtu, 15 Desember 2018 dengan mengusung tema “Hidden Art in Forestry” dan kegiatan perlombaan yang meliputi lomba fotografi dan poster yang berlangsung dari bulan November hingga 6 Januari mendatang.

Rangkaian acara kedua yaitu Main Event akan dilaksanakan pada Sabtu, 16 Februari 2019 di Gedung Kuliah Umum 2 Lantai 3, Kampus ITB Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pada rangkaian acara tersebut akan dilaksanakan seminar kehutanan dengan topik “Potensi Hutan Indonesia dalam Mempertahankan Ketersediaan Pangan Nasional”.

Seminar tersebut terdiri dari 2 sesi, di mana sesi pertama akan membahas mengenai kebijakan kehutanan yang berkaitan dengan pangan dan sesi kedua akan membahas bentuk praktis pemanfaatan hutan sebagai sumber pangan.

Selain 2 rangkaian acara utama, Forestshare 3 juga mengadakan Expo atau kegiatan pameran hasil kolaborasi dengan Vasa ITB yang dilakukan bersamaan dengan  Main Event untuk menampilkan karya-karya dari divisi keprofesian HMH ‘Selva’ ITB,  foto-foto hasil lomba dan dokumentasi kegiatan kuliah lapangan yang pernah diikuti oleh mahasiswa Rekayasa Kehutanan ITB.

Menarik bukan? Ayo daftarkan diri dan menjadi bagian dari generasi lestari dengan mengikuti Forestshare 3 pada tanggal 16 Februari 2019 di Kampus ITB Jatinangor,Sumedang, Jawa Barat.

 

Jangan lupa untuk terus ikuti informasi dari kami di instagram @forestshareitb atau hubungi

087823008845 (Nurina)

 

Ditulis oleh Wiwit Astari

FORESTSHARE 3 ITB 2018: Forest for National Food Security
Rating: 5 from 21 vote[s]

Tinggalkan komentar