Ekosistem Hutan Taiga yang Unik dengan Adaptasi Iklim Subtropik

Diposting pada

7.1 Denali National Park & Preserve

Tempat wisata ini terletak di wilayah Interior dan Southcentral, Alaska. Puncak tertinggi yang berada di Alaska yaitu Mount McKinley sebagai pusat taman nasional. Wilayah ini berupa hutan taiga dan tundra dengan fauna yang tersebar sekitar 37 spesies mamalia dan sekitar 130 spesies burung.

Setiap tahun, tempat ini banyak dikunjungi para wisatawan berjumlah kurang lebih 432 ribu pengunjung. Destinasi wisata yang satu ini memang terkenal sangat menakjubkan sehingga banyak dikunjungi oleh para wisatawan setiap tahunnya.

Destinasi wisata ini juga memiliki fasilitas berupa jalan setapak di sepanjang areal taman nasional yang memudahkan akses para wisatawan untuk menikmati pemandangan dengan menggunakan mobil atau bis.

Selain itu, di Denali National Park & Preserve terdapat camping area untuk para wisatawan yang ingin bermalam di tempat ini. Destinasi wisata yang satu ini dapat diakses melalui George Park Highways atau Alaska Railroad.

7.2 Wrangell-St. Elias National Park & Preserve

Destinasi wisata ini merupakan wisata terluas di USA dengan luas 5,3 juta ha yang meliputi separuh pegunungan St. Elias dan seluruh pegunungan Wrangell hingga perairan Gulf of Alaska. Tempat ini terletak di wilayah Southcentral Alaska.

Berbagai macam vegetasi tersebar banyak di kawasan ini salah satunya hutan boreal dan taiga di dataran kering. Satwa yang hidup di sini yaitu dall sheep, black bear, brown bear, lynx, dan beberapa ikan yang hidup di aliran Sungai Copper dan Sungai Yukon.

Berbagai spesies burung juga terdapat di tempat ini seperti Burung Ptarmigan dan Burung Gray Jay. Tempat wisata ini dapat diakses melalui highway dari Anchorage. Taman nasional ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena keindahannya yang sangat mempesona.

7.3 Lake Clark National Park & Preserve

Kawasan wisata ini terletak di Southcentral Alaska yang cukup luas wilayahnya sekitar 1,6 juta ha. Taman nasional ini memiliki danau yang menjadi tempat favorit para pengunjung yaitu Danau Clark. Danau ini sangat menarik karena memiliki warna biru kehijauan dan dikelilingi pegunungan salju.

Vegetasi di sekitar taman nasional didominasi oleh hutan boreal dan tundra, sedangkan satwa yang hidup di wilayah ini yaitu brown bear, moose, caribou, gray wolf, dan spesies ikaln salmon.

Taman nasional hanya dapat dijangkau menggunakan taxi air dan boat melalui Cook Inlet dan Danau Clark. Tersedia juga penginapan Port Alsworth di Danau Clark.

7.4 Kobuk Valley National Park

Kawasan taman nasional ini terletak di wilayah Far North, sekitar 40 km dari sebelah utara Artic Circle. Tempat yang paling menarik dari taman nasional ini adalah bukit pasirnya, Great Kobuk Sand Dunes. Vegetasi yang mendominasi yaitu hutan boreal dan tundra. Satwa yang hidup di tempat ini yaitu Caribou, moose, gray wolf, black bear, dan brown bear.

Ketika memasuki musim dingin suhu akan mencapai minus derajat celcius. Taman nasional ini memang sulit dijangkau dan hanya bisa diakses dengan berjalan kaki atau menggunakan dogsled dari Kota Kotzebue dan Nome sehingga tempat ini jarang dikunjungi wisatawan.

7.5 Gates of the Arctic National Park & Preserve

Taman nasional ini terletak di Far North Alaska yang berbatasan dengan Noartak National Preserve di sebelah timur. Area taman nasional ini sebagian besar merupakan deretan pegunungan Brooke Range. Ekosistem hutan taiga mendominasi taman nasional ini dengan fauna yang hidup di tempat ini berupa moose, brown bear, black bear, dall sheep, serigala, dan caribou.

Akses menuju tempat ini memang cukup sulit. Pengunjung harus berjalan sejauh 8 km dari Dalton Highway dan menyebrangi sungai. Pada akhir bulan Mei hingga awal September terdapat kantor pusat informasi bagi para pengunjung yaitu Arctic Intergency Visitor Center di kota Coldfoot.

 

Selain memiliki keunikan yang tidak diragukan lagi, hutan taiga juga memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan. Walaupun hutan taiga tidak cocok dengan iklim di Indonesia, kita masih bisa mengunjungi negara yang bagian utara seperti Rusia dan Alaska jika kita ingin menikmati pemandangan hutan boreal serta merasakan dinginnya berada di kawasan hutan taiga. Sangat menyenangkan sekali jika kita menikmati sejuknya udara di tengah tegakan pohon konifer.

Referensi: