Efek Rumah Kaca: Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Proses Terjadinya

Diposting pada

5. Contoh Efek Rumah Kaca

Listrik sebagai agen penyebab efek rumah kaca
Listrik sebagai agen penyebab efek rumah kaca

Efek rumah kaca merupakan ancaman paling besar di bumi ini sehingga dapat membahayakan kehidupan makhluk hidup di bumi.

Contoh dampak efek rumah kaca pada kehidupan sehari-hari seperti:

  • Penggunaan listrik yang boros, kemajuan teknologi yang terjadi sekarang ini, menyebabkan listrik menjadi energi dengan pemakaian paling besar. Kehidupan manusia pada zaman ini sudah tidak terlepas dari listrik, penggunaan listrik yang tinggi akan mengakibatkan tinggi pula karbondioksida yang dihasilkan. Pembangkit tenaga listrik terdapat pada hampir di seluruh tempat, baik yang berskala kecil maupun besar. Pembangkit listrik menghasilkan limbah asap dalam jumlah yang cukup banyak yang didalamnya terkandung gas CO2.
  • Pembakaran sampah asapnya akan menimbulkan gas CO2 di mana apabila gas tersebut memenuhi atmosfer bumi maka sinar matahari yang dipantulkan kembali oleh permukaan bumi akan kembali mengalami pemantulan ke dalam permukaan bumi karena gelombang panjang terhalang oleh CO2 di atmosfer sehingga suhu di bumi menjadi semakin panas.
  • Pemakaian kendaraan, pembakaran kendaraan bermotor akan menghasilkan gas CO2 yang akan mengakibatkan semakin panas suhu permukaan bumi.

 

Sebelum lapisan ozon di bumi kita kian menipis, marilah kita menjaga bumi kita dengan mengurangi efek rumah kaca dan mengurangi berbagai aktivitas yang dapat menimbulkan terjadinya pemanasan global.