Bonsai: Jenis dan Tips Membuatnya

Diposting pada
KerajaanPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub DivisiMagnoliphyta
KelasMagnoliopsida
OrdoRosales
FamiliRosaceae
GenusPrunus
SpesiesPrunus sp.

3.10 Bonsai Wisteria

Wisteria merupakan tanaman berbunga yang memiliki warna ungu, biru, atau putih mencolok dan berbentuk seperti menggantung pada rantingnya. Pertama kali tanaman ini ditemukan di wilayah Korea, Jepang, Cina, dan Amerika.

Umur hidup tanaman ini juga terbilang lama yaitu mencapai 100 tahun dan tumbuh tinggi di alam mencapai 30 meter. Meskipun memiliki daya tarik yang tinggi karena bunganya, namun tanaman ini dapat menyebabkan keracunan jika sampai tertelan.

Salah satu yang sering digunakan adalah Wisteria floribunda atau dikenal dengan nama Wisteria Jepang serta Royal Purple yang memiliki bunga dengan warna ungu.

Taksonomi tanaman Wisteria:

KerajaanPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub DivisiMagnoliphyta
KelasMagnoliopsida
OrdoFabales
FamiliFabaceae
GenusWisteria
SpesiesWisteria sp.

3.11 Bonsai Cemara

Cemara merupakan jenis tanaman yang adaptif. Cemara dapat tumbuh pada tanah yamng memiliki pH asam atau basa. Habitatnya mulai dari pegunungan seperti pada spesies Casuarina junghuhniana hingga pesisir laut. Salah satu jenis yang sering dijadikan sebagai tanaman hias adalah Casuarina equisetifolia atau cemara laut atau cemara udang yang berhabitat pesisir laut dan toleran terhadap garam.

Cemara yang hidup di alam bebas dapat tumbuh tinggi mencapai 30 meter. Berbagai tanaman cemara khususnya Casuarina equisetifolia memiliki daun yang kecil unik memanjang seperti beruas-ruas menimbulkan kesan seperti rambut ekor kuda. Warna daunnya hijau keabu-abuan dengan struktur kulit batang yang beralur.

Advertisement nature photography
KerajaanPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub DivisiMagnoliphyta
KelasMagnoliopsida
OrdoFagales
FamiliCasuarinaceae
GenusCasuarina
SpesiesCasuarina sp.

3.12 Jenis Bonsai Lainnnya

Selain jenis-jenis bonsai yang telah disebutkan, masih banyak jenis-jenis lainnya yang juga banyak diminati dan dibudidayakan oleh para pecinta atau kolektor bonsai.

  • Asam Jawa(Tamarindus indica)
  • Bambu (Bambusa )
  • Kawista Batu (Feronia lucida)
  • Soka (Ixora )
  • Waru (Hibiscus tiliaceus)
  • Asam Londo (Pithecellobium dulce)
  • Buni (Antidesma bunius)
  • Ki putri (Podocarpus neriifolius)
  • Melati (Jasminum )
  • Murbei (Morus alba)

Masih banyak lagi jenis-jenis lainnya yang ada dan cantik untuk dijadikan tanaman hias.

4. Manfaat Tanaman Bonsai

Sejatinya, tanaman bonsai merupakan tanaman hias yang memang fungsi utamanya berfokus pada nilai estetis yang ditunjukkannnya. Ukurannya yang kecil dapat dijadikan sebagai penghias atau dekorasi di dalam ruangan.

Selain itu, dari segi penampilan yang menimbulkan kesan wibawa dan sederhana dapat menenangkan suasana hati juga perawatannya yang memerlukan waktu lama membantu untuk meningkatkan kesabaran bagi pemiliknya.

Manfaat lainnya yang didapatkan adalah ekologis. Manfaat ini tentu saja didapatkan karena bonsai adalah tanaman. Salah satunya adalah penghasil oksigen dan mengurangi polusi seperti karbondioksida khususnya dalam jumlah yang banyak.

Tanaman ini juga berfungsi untuk mengurangi resiko terjadinya erosi serta meningkatkan kemampuan tanah untuk menyerap air.

5. Tips Membuat Tanaman Bonsai

Bonsai Unik (pinterest.com)
Bonsai Unik (pinterest.com)

Agar tanaman tersebut dapat menjadi bonsai yang cantik dan indah, ada beberapa tips dan tahapan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan dan perawatannya.

5.1 Pemilihan Bibit yang Tepat

Bibit tanaman tersebut harus memiliki bentuk alami yang indah serta memiliki cabang yang kemudian akan dikreasikan agar lebih memperlihatkan kesan estetisnya. Cabang ini juga dapat digunakan untuk kegiatan perbanyakan tanaman.

Bibit dapat diperoleh dengan teknik stek, cangkok, dan pembuatan okulasi.

Gambar Gravatar
Mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Departemen Manajemen Hutan angkatan 2016. Kelahiran Jakarta, Juni 1999. Tempat tinggal Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat