Bendungan Selorejo, Cantiknya Tidak Bisa Dibendung!

Diposting pada

Jawa Timur memang punya banyak wisata alam dengan pemandangan super cantik salah satunya adalah ada banyak gunung yang bisa menjadi rujukan untuk para pendaki.

Di Malang sendiri ada beberapa gunung yang bisa didaki seperti Gunung Kawi, Gunung Semeru, Gunung Arjuno, dan masih banyak lagi.

Namun ada lho tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan beberapa gunung sekaligus, namanya adalah Bendungan Selorejo atau Taman Wisata Waduk Selorejo.

Bendungan Selorejo (instagram.com)
Bendungan Selorejo (instagram.com)

Bendungan Selorejo adalah nama bendungan atau waduk yang letaknya ada di Desa Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati cantiknya pemandangan.

Anda juga bisa keliling bendungan menggunakan kapal yang disewakan oleh masyarakat sekitar.

Selain menyewakan kapalnya, masyarakat sekitar bendungan juga berprofesi sebagai penangkap ikan.

Ikan yang diperoleh akan dijual ke lesehan atau ke penjual ikan yang berkumpul di pinggiran bendungan.

Jadi di tempat wisata ini Anda bisa lho menikmati pemandangan cantik sembari menikmati lezatnya lalapan ikan Mujair karena lokasi lesehannya tepat berada di pinggir bendungan.

Di dekat lesehan juga tersedia banyak toko souvenir, ada juga sewa atv, sewa kuda, dan playground untuk anak-anak.

Jembatan gantung? Cintamu digantung? Haha, taman wisata ini punya jembatan gantung yang menyuguhkan panorama hamparan air, gunung, pohon beringin super besar, dan villa yang ada di pinggiran bendungan.

Jika ingin menikmati pemandangan tiga gunung Anda harus berpindah tempat yaitu ke Spillway.

Spillway ini sebenarnya adalah jalanan untuk menuju desa yang ada di kaki Gunung Kelud.

Namun karena pemandangan dan sejuk suasananya membuat tempat ini seringkali dijadikan tempat nongkrong, olah raga, serta berfoto ria.

Viewnya super cantik, kalau berkunjung wajib bawa kamera ya!

Di satu sisi Spillway, Anda akan menikmati hamparan air dan dua gunung yaitu Gunung Kawi dan Gunung Arjuno.

Sedangkan di sisi satunya lagi pemandangannya sama seperti gambaran pemandangan yang ada di otak kita saat SD yaitu sawah dan rumah yang ada di bawah kaki gunung.

Bendungan Selorejo tidak hanya dijadikan sebagai aset wisata alam tapi juga dijadikan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air.

Jika Anda yang datang dari luar Malang tidak perlu khawatir mencari penginapan karena di tempat wisata ini juga disediakan penginapan yaitu hotel dan villa.

Ada banyak sekali spot foto di sini seperti yang ada di kawasan penginapan, kolam renang, jembatan gantung, di area kantor PLTA, sungai yang tepat di bawah kaki gunung, sawah-sawah, padang rumput, dan masih banyak lagi.

Kalau penasaran langsung ke sini saja deh. Dijamin tidak akan menyesal dan bakal ketagihan untuk berkunjung lagi.

Editor:
Mega Dinda Larasati