Banjir Bandang: Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Mitigasi Bencana

Diposting pada

7. Kejadian Banjir Bandang Terbesar di Dunia

Tidak hanya melanda Indonesia, banjir bandang juga termasuk bencana yang sering melanda negara-negara lain di penjuru dunia. Banjir-banjir tersebut ada yang disebabkan oleh jebolnya bendungan sampai disebabkan oleh adanya bencana lain berupa badai.

Banjir bandang yang disebabkan oleh jebolnya bendungan Banqiao, China (sekarang Tiongkok), termasuk kejadian banjir bandang terbesar di dunia. Bencana ini terjadi pada tahun 1975, tepatnya di Sungai Ru di Provinsi Henan, China. Jebolnya bendungan tersebut melimpahkan air dengan kecepatan mencapai 50 km/jam ke desa-desa dan menenggelamkan desa tersebut dalam hitungan menit.

Kejadian banjir bandang terbesar di dunia lainnya masih dari dataran China, tepatnya di Sungai Kuning pada tahun 1938 bersamaan dengan berlangsungnya perang antara Jepang dan China, pasukan Nasionalis China mendapat misi untuk meledakkan tanggul sungai ini. Pasca peledakkan tanggul tersebut, air dari sungai langsung meluber dan menewaskan ratusan ribu warga. Hancurnya tanggul itu juga merusak setidaknya 54 kmĀ² tanah pertanian.

Bencana banjir bandang terbesar di dunia selanjutnya adalah banjir yang diakibatkan oleh badai siklon pada tahun 1953. Bencana ini dialami oleh empat negara yakni Inggris, Belanda, Skotlandia, dan Belgia.

8. Mitigasi Bencana Banjir Bandang

Bencana adalah ancaman bagi masyarakat sehingga upaya pengurangan risiko bencana perlu dilakukan. Banjir bandang termasuk bencana yang terjadinya secara tiba-tiba dan perlu diwaspadai tanda-tandanya. Oleh karena itu upaya mitigasi bencana banjir bandang sangat perlu dilakukan. Upaya-upaya seperti peningkatan kesadaran masyarakat sekitar daerah rawan bencana atau pemberian simulasi menghadapi bencana dapat mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh adanya bencana banjir bandang.

Upaya mitigasi bencana yang pertama adalah mengajak masyarakat dalam program pemeliharaan-pemeliharaan tanggul. Kegiatan pemeliharaan dilakukan secara berkala. Selain itu, ada juga pemeliharaan yang dilakukan secara langsung setelah terjadinya kerusakan agar tidak menjadi lebih parah lagi. Pemeliharaan tersebut dinamakan sebagai pemeliharaan darurat.

Selanjutnya adalah penanggulangan bencana banjir ini. Penanggulangan bencana merupakan serangkaian upaya dan usaha yang dilakukan dan dicanangkan oleh pemerintah dan elemen-elemen yang ada di masyarakat. Penanggulangan bencana tersebut meliputi penentuan kebijakan hingga kegiatan rehabilitasi. Peringatan dini yang dilakukan oleh pihak yang berwenang juga termasuk upaya penanggulangan bencana banjir bandang langsung.

Demikianlah artikel mengenai banjir bandang yang singkat ini. Semoga memberi Anda pengetahuan lebih mengenai hal-hal yang berkaitan dengan banjir bandang.