Alat Berat Kehutanan

Diposting pada

3.9 Forwarder

Forwarder

Forwarder merupakan salah satu alat berat kehutanan yang memiliki fungsi utama untuk mengangkut log kayu hasil penebangan. Biasanya alat ini bekerja sama dengan feller buncher ataupun harvester.

Forwarder biasanya digunakan di hutan tanaman industri karena memiliki topografi yang tidak terlalu berat. Alat berat ini juga menggunakan ban karet sehingga apabila dalam cuaca hujan alat berat ini sulit untuk dikendalikan dan menurunkan efisiensi penggunaan alat.

3.10 Harvester

Forest Harvester

Harvester atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan secara langsung dengan kata “pemanen” adalah jenis alat berat yang berfungsi dalam penebangan pohon dengan sistem cut-to-lenght.

Harvester biasanya digunakan bersamaan dengan forwarder yang berfungsi untuk mengangkut log hasil tebangan.

3.11 Clambunk

Clambunk

Alat berat kehutanan ini memiliki fungsi utama untuk menahan robohnya pohon hasil tebangan dan menyaradnya secara langsung. Clambunk memiliki dua alat utama, yaitu grapple untuk menahan robohnya pohon hasil tebangan dan penjepit log untuk menyarad kayu.

Alat berat ini cocok digunakan untuk pohon yang memiliki diamter yang besar dan bernilai tinggi. Dengan menggunakan alat ini kerusakan pada log dapat tereduksi secara efisien.

3.12 Line Skidder

Line Skidder

Line merupakan alat berat yang memiliki alat sarad kabel. Kabel ini berfungsi untuk menarik kayu (menyarad) dengan bantuan penderek yang terpasang pada bagian belakang alat berat ini. Alat berat penyarad ini sangat membantu ketika log kayu yang harus disarad berada pada tempat yang sangat curam sehingga tidak memungkinkan untuk didatangi oleh alat berat.

3.13 Grapple Skidder

Grapple Skidder

Grapple skidder merupakan salah satu alat berat yang memiliki fungsi utama untuk menyarad kayu. Alat berat ini cocok digunakan untuk menyarad log kayu yang memiliki diameter sedang sampai besar yang berada di lokasi tanah yang kering (tidak sering terkena hujan). Alat berat ini memiliki ban karet (wheel) sehingga cukup menyulitkan apabila bermanuver pada lahan basah.

3.14 Motor Grader

Motor Grader

Motor grader merupakan alat berat yang digunakan untuk pembuatan jalan hutan. Fungsi khusus dari alat ini adalah untuk meratakan jalan dan memindahkan material tanah dan batuan yang mengganggu mobilisasi kendaraan di tengah jalan.

 

Alat-alat berat tersebut sangat berguna dalam pengusahaan hutan di Indonesia. Seorang rimbawan harus mengetahui dan memahami berbagai alat berat yang harus dipakai di dalam kawasan konsesi mereka dengan tentunya tetap melestarikan keanekaragaman hayati.

 

Referensi:
Redaksi Forester Act