Alat Berat Kehutanan

Diposting pada

3.2 Loader

Loader

Loader atau kepiting (dalam bahasa orang-orang lapang di Kalimantan) merupakan alat berat yang digunakan untuk bongkar muat log.

Loader untuk tambang dan loader untuk sektor kehutanan memiliki perbedaan pada bagian depan alat beratnya, alat berat yang biasa dipakai dipertambangan biasanya menggunakan blade, sedangkan di sektor kehutanan biasanya menggunakan penjepit.

3.3 Skidder

Skidder

Skidder merupakan nama umum segala macam alat berat yang digunakan untuk penyaradan. Skidder ini berasal dari bahasa inggris, yaitu “skid” yang artinya menyorong.

3.4 Delimber/Processor

Delimber

Delimber merupakan alat yang biasa dipakai pada excavator hidrolik. Alat berat ini memiliki fungsi untuk memotong batang pohon dan mengulitinya. Dengan alat berat ini log akan lebih mudah untuk diangkut.

Delimber ini dapat digunakan pada pemanenan dengan sistem (berdasarkan sortimennya) tree lenght. Karena apabila dipakai pada sistem full tree (semua bagian pohon digunakan termasuk daun dan dahan) atau cut to lenght (log dipotong-potong berdasarkan kebutuhan industri) akan sangat menghabiskan sumber daya.

3.5 Logging Truck

Logging Truck

Logging truck merupakan alat berat untuk pengangkutan log dari hutan menuju ke tempat pengolahan selanjutnya, seperti industri, log pond, log yard, ataupun TPK.

Logging truck ini memiliki jenis cap pengangkut yang berbeda-beda bergantung pada muatan apa yang akan dimuat. Log kayu dari hutan alam dengan log kayu dari hutan tanaman tentu saja memiliki perbedaan dalam bentuk dan ukurannya, sehingga logging truck yang dipakai juga memiliki bentuk yang berbeda.

Motor yang digunakan pada mesin ini adalah motor bakar diesel, bahan bakar solar digunakan untuk logging truck karena alat berat ini membutuhkan tenaga yang kuat untuk mengangkat beban walaupun kecepatannya tidak terlalu kencang.

Merek dagang logging truck biasanya lebih bervariasi daripada alat berat lainnya, sebut saja Mitsubishi, Isuzu, Mercedes Benz, Nissan, dan Hino.

3.6 Kapal Ponton

Kapal Ponton

Kapal ponton merupakan kapal yang biasanya digunakan untuk mengangkut log kayu dalam jumlah yang sangat banyak.

Kapal ponton ini merupakan salah satu sistem pengangkutan atas air. Sistem pengangkutan lainnya adalah dengan menggunakan rakit log kayu.

Kapal ponton biasanya tidak memiliki motor penggerak, kapal ponton bergerak dengan menggunakan kapal kecil bermotor untuk menarik kapal ponton ini.

Biasanya kapal ponton dimiliki oleh perusahaan-perusahaan manufaktur kehutanan, seperti perusahaan plywood (kayu lapis), pulp and paper, kayu serat, kayu partikel, dan lain sebagainya.

3.7 Back Hoe

Backhoe

Back hoe merupakan alat berat gabungan antara excavator dengan loader (yang memiliki blade). Bagian depan dipasangi alat blade dan bagian belakang dipasangi bucket, sehingga alat ini memiliki kemampuan untuk mengeruk material dan memindahkannya.

Karena alat yang dimiliki pada bagian depan dan belakang, maka alat ini memiliki kursi yang dapat diputar 360 derajat dan memiliki dua bagian controller/alat kemudi.

3.8 Feller Buncher

Feller Buncher

Alat berat kehutanan ini merupakan jenis pemanen yang digunakan dalam penebangan.

Fungsi utama dari alat berat ini adalah menebang pohon dan mengumpulkan log kayu hasil tebangan untuk nantinya disarad atau langsung diangkut oleh forwarder.

Alat berat ini mirip dengan excavator hanya saja pada bagian bucket-nya digantikan dengan mesin gergaji pemotong pohon dan penggenggam batang pohon.

Mesin ini bekerja baik dan memiliki efisiensi yang tinggi pada hutan dengan topografi yang tidak terlalu curam. Perusahaan pemegang IUPHHK-HT di Indonesia banyak menggunakan tipe alat berat ini karena efisiensi sumber daya dan pengerjaan yang cepat.