Alasan Mengapa Pohon Ginkgo Biloba Bisa Hidup Selama Lebih dari 1000 Tahun

Diposting pada

Semua makhluk yang ada di dunia ini pasti mengalami penuaan atau kerusakan.

Namun, ada nih salah satu jenis pohon yang seolah-olah terhindar dari takdir tersebut dan bisa hidup selama lebih dari 1000 tahun lamanya.

Ginkgo biloba (pixabay.com)
Ginkgo biloba (pixabay.com)

Bahkan beberapa pohon bisa hidup sampai 3000 tahun dan sama sekali tidak mengalami penuaan atau kerusakan. Pohon ini bernama Ginkgo Biloba atau Maidenhair atau Pohon Rambut Gadis.

Pohon yang berasal dari Tiongkok ini biasa digunakan untuk pengobatan tradisional untuk mengobati batuk, alergi, asma, gangguan paru-paru, dan jantung.

Tidak hanya itu, ekstrak daun pohon ini juga berkhasiat untuk menjaga kebugaran otak.

Selain diteliti karena khasiat yang terkandung di dalamnya, Pohon Ginkgo Biloba juga diteliti karena waktu hidupnya yang sangat lama.

Menurut Richard Dixon dari University of North Texas, Denton mengatakan pohon Ginkgo Biloba bisa hidup dalam waktu yang lama karena ia mempunyai sistem pertahanan yang sangatlah sehat.

Hal ini menyebabkan pohon ini menjadi spesies yang tidak mempunyai masalah penuaan dini.

Para peneliti dari Cina dan Amerika Serikat meneliti pohon Ginkgo Biloba dalam rentang usia antara 15 sampai 667 tahun.

Mereka mencoba untuk mengekstraksi cincin pohon dan meneliti kulit kayu, sel, biji, serta daunnya.

Hasil penelitian menemukan bahwa pohon Ginkgo berusia muda dan yang berusia tua sama-sama menghasilkan bahan kimia pelindung yang berguna untuk menangkal kekeringan dan penyakit.

Bahan kimia ini termasuk anti mikroba, anti oksidan, dan hormon tanaman untuk melindungi diri dari kekeringan dan tekanan lingkungan yang lainnya.

Hal ini bukan berarti Pohon Ginkgo Biloba tidak bisa mati, hanya saja mereka tidak mati karena usianya yang tua.

Pohon Ginkgo Biloba bisa mati karena beberapa faktor dari luar misalnya seperti api, angin, kilat, dan lain sebagainya.

Bahkan populasinya saat ini sudah tercatat dalam daftar merah IUCN atau International Union for Conservation of Nature yang artinya mereka sudah terancam punah karena penebangan liar.

Referensi:

BBC.2020. Apa Rahasia Pohon Ginkgo dapat Bertahan Hidup Lebih dari 1000 Tahun? [internet]. Terdapat pada: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-51102520

Kumaran.2020. Ini Alasan Pohon Ginkgo Biloba Bisa Hidup Abadi hingga 1000 tahun [internet]. Terdapat pada: https://kumparan.com/kumparansains/ini-alasan-pohon-ginkgo-biloba-bisa-hidup-abadi-hingga-1-000-tahun-1smXpnfdCVz

Editor:
Mega Dinda Larasati