Air Terjun Mangku Kodek, Pesona Kaki Gunung Rinjani

Diposting pada
Air Terjun Mangku Kodek (instagram.com)
Air Terjun Mangku Kodek (instagram.com)

Lombok bagian timur memang mempunyai banyak pantai eksotis seperti Pantai Sungkun atau Pantai Kura-kura, Pantai Putri Pandan, Pantai Cemara, dan lain sebagainya. Ternyata tak hanya mempunyai pantai eksotis saja namun kabupaten dengan ibu kota bernama Selong ini juga mempunyai wisata air terjun yang tak kalah eksotis, salah satunya adalah Air Terjun Mangku Kodek.

Air terjun ini berada di Dusun Sajang, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Air Terjun Mangku Kodek adalah salah satu dari tiga air terjun yang ada di Desa Sajang, dua di antaranya adalah Air Terjun Mangku Sakti dan Air Terjun Mangku Kuda Sembrani.

Tersembunyi di antara tebing-tebing tinggi dan diapit oleh dinding batu yang cantik membuat wisata alam yang satu ini sangat menarik. Anda harus berbasah-basah dulu melewati sungai dengan jarak sekitar 100 meter untuk mencapai Air Terjun Mangku Kodek.

Bukan hanya air terjun yang ada di tengah tebing yang akan membuat Anda berdecak kagum, namun air yang berwarna biru toska yang juga tidak kalah cantik pasti akan membuat Anda terpesona.

Jangan lupa mendokumentasikan tiap moment indah di tempat wisata yang satu ini. Bawa kameramu ya!

Anda bisa dengan aman berenang di sini karena kedalamannya hanya setinggi pinggang orang dewasa. Letaknya di kaki Gunung Rinjani membuat air terjun ini mengandung belerang. Salah satu manfaat belerang adalah untuk kesehatan kulit.

Keindahan Air Terjun (instagram.com)
Keindahan Air Terjun (instagram.com)

Berenang sembari menikmati suasana yang sejuk dan cantiknya pemandangan Si Mangku Kodek pastinya sangat perfecto!

Jika berkunjung ke tempat wisata ini jangan lupa membawa bekal minum dan makan sendiri dari rumah ya!

Wisatawan lokal hanya dikenakan biaya Rp 10.000 saja dan itu pun sudah termasuk biaya parkir. Namun, untuk wisatawan asing akan dikenakan biaya sekitar Rp 150.000 per orang karena tempat wisata ini masuk dalam zona Taman Nasional Gunung Rinjani.

Itulah sedikit informasi mengenai Air Terjun Mangku Kodek. Tempat ini cocok untuk Anda yang mencari ketenangan karena lokasinya yang jauh dari hingar-bingar kota. Kalau main ke Lombok jangan lupa mampir ya!

 

Editor:
Mega Dinda Larasati