Air Terjun Madakaripura, Tersihir Keindahan Air Terjun Abadi yang Penuh Mitos

Diposting pada

Air Terjun Madakaripura adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan menjadi yang tertinggi urutan kedua di Indonesia dengan ketinggian kurang lebih sekitar 200 meter.

Selain itu air terjun yang mendapat julukan sebagai air terjun abadi ini merupakan salah satu air terjun yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo dan sudah dibuka sejak tahun 1991.

Air Terjun Madakaripura (instagram.com)
Air Terjun Madakaripura (instagram.com)

Konon katanya Air Terjun Madakaripura dijadikan sebagai tempat Gajah Mada untuk bertapa.

Hal tersebut menjadikan air terjun ini diberi nama Madakaripura yang diambil dari kata Mada atau Gajah Mada, Kari yang berarti peninggalan, dan Pura berarti tempat yang dijadikan untuk bertapa atau sembahyang.

Lokasinya ada di Desa Sapih, Kecamatan Branggah, Kabupaten Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur.

Dibalik segala kisah dan mitosnya, Air Terjun Madakaripura termasuk dalam jajaran air terjun paling cantik di Indonesia lho.

Bagaimana tidak? Suasana sejuk dengan panorama air jatuh melewati tebing yang diselimuti tumbuhan hijau bisa Anda nikmati di sini. Dijadikan sebagai latar belakang selfie juga sangat bagus kok.

Air Terjun Madakaripura dijuluki sebagai air terjun abadi karena airnya yang jernih dan segar tersebut selalu melimpah meskipun saat musim kemarau datang. Guyuran airnya tidak hanya satu tapi hampir merata di semua bagian tebing.

Salah satu ciri khas dari Air Terjun Madakaripura adalah bentuk tebingnya yang seperti ceruk sehingga pengunjung akan merasa seperti sedang ada di dalam botol.

Anda hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp 11.000 saja untuk menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura. Kemudian ada biaya parkir Rp 3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk kendaraan roda empat.

Ada juga beberapa fasilitas yang sudah disediakan yaitu mushola, warung makanan, tempat parkir, kamar mandi, dan penginapan.

Kalau berencana untuk mengunjungi tempat wisata ini, disarankan untuk menggunakan alas kaki anti slip atau sandal gunung. Hal ini untuk keamanan Anda ya karena jalanan yang akan Anda lewati kondisinya lumayan licin.

Bagi Anda juga yang senang memacu adrenalin dan mempunyai jiwa petualangan tinggi, Air Terjun Madakaripura sangatlah cocok untuk diikunjungi.

Tunggu apalagi? Ayo berkunjung dan nikmati keindahannya!

Editor:
Mega Dinda Larasati