Air Terjun Kapas Biru, Parasnya Membuat Lelah Auto Minggat

Diposting pada

Sudah ada di Lumajang tapi bingung mau main ke mana? Ada nih tempat wisata alam yang sangat cantik, namanya Air Terjun Kapas Biru. Namanya saja sudah cantik apalagi pemandangan aslinya, kan?

Air Terjun Kapas Biru (instagram.com)
Air Terjun Kapas Biru (instagram.com)

Lokasi Air Terjun Kapas Biru ada di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Meskipun lelah harus melewati jalanan yang tidak mudah tapi kalau sudah melihat paras air terjun ini pegal linu otomatis minggat deh haha. Suasananya sunyi dan hijau sehingga akan sangat cocok untuk digunakan tempat melarikan diri dari aktivitas harian yang juga melelahkan.

Air Terjun Kapas Biru, namanya cantik kan? Dinamai seperti itu karena jika dilihat dari kejauhan pinggiran air terjun tersebut berwarna biru.

Air Terjun Kapas Biru mempunyai ketinggian sekitar 100 meter, air terjun ini bertingkat 2 lho yang tingkat bawah tingginya 90 meter sedangkan tingkat atas 10 meter.

Fasilitas yang tersedia sudah lumayan lengkap nih ada tempat parkir, kamar mandi, mushola, beberapa warung makan, dan lain sebagainya.

Anda akan dikenakan biaya kurang lebih sekitar Rp 5000 saja per orang untuk bisa bermain air di Air Terjun Kapas Biru.

Air Terjun Kapas Biru bisa dikunjungi mulai jam 05.00 pagi sampai 16.00 sore.

Air Kapas Biru bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Ada dua rute untuk menuju ke tempat ini yaitu dari arah Malang dan dari arah Lumajang.

Jika Anda dari arah Malang maka silahkan pergi ke Kepanjen kemudian Gondanglegi, Dampit, Tirtoyudo, Ampelgading, Pronojiwo, dan ketika sampai di Polsek Pronojiwo sekitar 100 meter. Setelah itu terdapat banner Coban Kapas Biru silahkan ikuti saja petunjuk yang ada. Atau kalau bingung jangan malu untuk bertanya ya karena malu bertanya sesat di jalan hehe.

Sedangkan kalau dari arah Lumajang silahkan Anda ikuti jalan nasional Lumajang – Malang yaitu lewat daerah Sumbersuko, Tempeh, Pasirian, Candipuro, Pronojiwo, dan sampailah di lapangan Pronojiwo. Sekitar 300 meter setelah itu terdapat banner Coban Kapas Biru. Silahkan Anda ikuti sampai di tempat parkir, jarak antara tempat parkir dan air terjun sekitar 1,5 km.

Berfoto dengan Air Terjun Kapas Biru (instagram.com)
Berfoto dengan Air Terjun Kapas Biru (instagram.com)

Ada beberapa tips untuk Anda yang berencana main ke Air Terjun Kapas Biru:

  • Pastinya siapkan fisik yang kuat karena medan yang akan dilalui lumayan menantang. Jangan lupa untuk yang mempunyai penyakit asma atau lain sejenisnya untuk membawa obat yang dibutuhan agar bisa berpetualang dengan aman.
  • Gunakan sepatu yang alasnya tidak licin karena Anda harus melewati medan yang lumayan curam di sini dan disarankan jangan menggunakan sandal.
  • Menikmati pemandangan yang ada bukan berarti lupa waktu itu patut dimaklumi haha. Jangan sampai lupa waktu ya kalau pulang dari air terjunnya kemalaman nanti jalan pulang yang ditempuh akan semakin sulit karena gelap.
  • Kalau berencana mau bermain air jangan lupa juga untuk membawa pakaian ganti ya.

Bingung mau liburan kemana? Ke Air Terjun Kapas Biru aja yuk!

 

Editor:
Mega Dinda Larasati