Pesona Si Cantik dan Unik Aek Sijorni Kebanggaan Tapanuli Selatan

Diposting pada

Ternyata Sumatra Utara tidak hanya mempunyai Pulau Samosir dan Danau Toba saja lho sebagai tempat wisata alam yang super hits.

Meskipun tidak setenar mereka, terdapat air terjun yang tidak kalah menarik lho untuk memanjakan mata para pengunjungnya. Namanya adalah Aek Sijorni.

Aek Sijornih (instagram.com)
Aek Sijornih (instagram.com)

Aek Sijorni adalah salah satu wisata alam dengan pemandangan super cantik dan sejuk. Air terjun ini berada di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayurmatinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara.

Lokasi ini berjarak kurang lebih sekitar 30 kilometer dari Padang Sidempuan. Perjalanannya bisa memakan waktu sekitar 2 jam.

Nama Aek Sijorni dalam bahasa Indonesia, aek berarti air dan sijorni berarti jernih. Tempat wisata ini diberi nama seperti itu karena memang air di sini sangatlah jernih.

Kecantikannya tidak sebatas itu saja, di air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 10 meter ini terdapat pasir yang ada di bawah permukaannya berwarna purtih. Aliran airnya mengalir deras melewati batuan cadas berundak.

Ditambah lagi ada beberapa tumbuhan yang tumbuh subur di tengah air terjun.

Menurut warga sekitar mata air di tempat ini tidak akan pernah keruh meskipun musim hujan. Ketika musim kemarau debit airnya pun akan semakin meningkat.

Anda cukup membayar tiket masuk sebesarRp 15.000 saja serta biaya parkir Rp 5000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas yang bisa Anda gunakan di sini bisa dibilang cukup lengkap seperti adanya musholla, tempat parkir, kamar ganti, toilet, warung kecil yang menjual berbagai makanan, dan sejumlah pondok kecil untuk beristirahat.

Itulah sedikit informasi mengenai pesona si cantik Aek SIjorni. Jika berencana untuk mengunjungi Sumatra Utara jangan sampai lupa untuk mampir ya. Ingat, selalu jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di manapun Anda berada.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Editor:
Mega Dinda Larasati