3+ Fakta Menarik Kucing Emas (Catopuma temminicki)

Kucing emas merupakan salah satu satwa langka dan sulit ditemukan di alam liar. Selain memiliki rambut yang berwarna unik, satwa ini ternyata juga memiliki berbagai fakta menarik lainnya.

Penasaran dengan fakta unik dari kucing hutan yang satu ini? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa fakta menarik tentang kucing emas yang harus Anda ketahui!

Kucing-emas

1. Asal Nama

Nama ilmiah dari kucing emas adalah Catopuma temminicki. Nama tersebut sebenarnya digunakan sebagai salah satu penghormatan terhadap ahli zoologi asal belanda bernama Caenraad Jacob. Beliau merupakan orang pertama yang memberikan penjelasan tentang kucing emas Afika.

2. Warna Rambut Tubuh yang Cantik dan Bervariasi

Meskipun dikenal dengan sebutan kucing emas, faktanya kucing hutan yang satu ini tidak hanya memiliki rambut tubuh berwarna emas.

Selain berwarna cokelat keemasan, beberapa kucing emas juga memiliki warna rambut lainnya. Misalnya, merah kecokelatan, abu-abu, hitam, dan lainnya.

3. Pandai Memanjat

Kucing emas memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari kucing pada umumnya. Jika dibandingkan dengan harimau, maka kucing emas memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil.

Tidak heran ketika dilihat secara sekilas, banyak orang yang mengira bahwa kucing emas merupakan anak harimau.

Kucing emas lebih banyak melakukan aktivitas di malam hari karena satwa ini termasuk hewan nokturnal. Satwa lincah yang satu ini sangat pandai memanjat pohon-pohon di hutan.

Kucing hutan ini bergerak lincah hingga memanjat pohon untuk menangkap dan menyerang mangsanya. Misalnya, kadal, kelinci, tupai, tikus, ular kecil, burung, dan lainnya.

4. Habitatnya di Hutan

Kucing emas memiliki habitat asli di hutan yang bebatuan hingga hutan hujan tropis maupun subtropis. Satwa ini banyak ditemukan di wilayah Burma, Thailand, Afrika, Nepal, Tibet, Tiongkok, dan berbagai wilayah lainnya.

5. Terancam Punah

Keberadaan kucing hutan semakin sulit ditemukan di habitat aslinya. Kucing hutan dengan rambut cantik ini bahkan sudah terancam punah. Alasannya  beragam, mulai dari kehilangan habitat asli hingga maraknya perburuan liar.

 

Kucing emas merupakan satwa unik yang harus dilindungi agar tetap lestari. Pasti sangat disayangkan jika kucing hutan yang satu ini punah di habitat aslinya.

 

Referensi:

https://kumparan.com/dasar-binatang/fakta-menarik-kucing-emas-yang-langka-dan-terancam-punah-1tdWrbcgeZS/full

https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_emas#:~:text=Kucing%20emas%20(Catopuma%20temminicki)%20merupakan,abu-abu%20atau%20cokelat%20tua.

https://hai.grid.id/read/07607091/18-fakta-kucing-emas-hewan-langka-yang-sering-disangka-anak-harimau?page=all