Bawah Laut Wakatobi from google.com

Bawah Laut Wakatobi from google.com

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu taman nasional dari 50 taman nasional di Indonesia. Nama Wakatobi sendiri merupakan akronim dari ke empat pulau besarnya yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi ditetapkan sebagai taman nasional melalui keputusan menteri kehutanan no.393/KPTS-VI/1996 pada 30 juli tahun 1996 dan ditetapkan sebagai taman nasional pada tanggal 19 Agustus tahun 2002 melalui keputusan mentri kehutanan No.7651/Kpts-II/2002. Luas kawasan TNW yaitu 1,390.000 Ha yang dibagi kedalam 3 wilayah pengelolaan, yaitu :

1.) Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah -I Wanci

2.) Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah -II Kaledupa

3.) Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah -III Tomia Binongko

Terumbu Karang Wakatobi from google.com

Terumbu Karang Wakatobi from google.com

Taman Nasional Wakatobi dijuluki sebagai surga nyata bawah laut di pusat segitiga karang dunia (The Heart Of Coral Reff Triangle Centre). Julukan tersebut bukan tanpa alasan sebab 90% spesies terumbu karang yang ada di dunia ada di daerah ini. Wakatobi juga dikenal sebagai kepulauan bahari dengan keindahan terumbu karang terbaik di dunia. Dengan luas wilayah 97% laut dan 3% daratan menjadikan wakatobi memiliki potensi sumberdaya alam laut yang begitu melimpah dan eksotik. Air laut yang sangat jernih, terumbu karang yang begitu beragam serta ribuan jenis ikan hias serta berbagai jenis biota laut lainnya. Selain itu, pantainya yang indah dihiasi pasir putih membentang sejauh 600 km yang semakin menambah keindahan alam Wakatobi.

Kepulauan Wakatobi dapat dicapai dengan dua alternatif transportasi yaitu kapal laut sekitar 10 jam dari kota Kendari atau dengan menggunakan pesawat terbang dari bandara Halu Oleo Kendari ke bandara Matahora yang ditempuh kurang lebih 20 menit.

Pesona Bawah Laut Wakatobi from google.com

Pesona Bawah Laut Wakatobi from google.com

Bagi anda yang hobi diving tentu Wakatobi harus menjadi tujuan anda selanjutnya. Wakatobi terletak di provinsi Sulawesi Tenggara. Wakatobi memiliki setidaknya 40 spot penyelaman yang tersebar di keempat pulau besarnya. Namun dari 40 spot tersebut ada 4 spot utama yang disebut sebut sebagai yang terbaik. Berikut ulasannya :

a. House Reef

House reef dalam istilah para penyelam adalah sebuah spot diving yang tak jauh dari dive resort. Anda cukup berenang atau menyewa boat maka anda sudah mendapatkan dive spot yang indah. Salah satu house reef yang terkenal di Wakatobi yaitu  Sombu Dive yang  berada di pulau Wangi-wangi.

b. Cornucopia

Spot berikutnya adalah Cornucopia yang terletak di pulau Tomia. di Spot ini dapat ditemukan terumbu karang yang membentang seperti tembok pada kedalaman 20-50 meter. Namun untuk bisa diving di spot ini anda harus memiliki SIM (Surat izin Menyelam) dan juga skill yang mumpuni tentunya.

c. Coral Garden

Berikutnya adalah spot yang masih di Pulau Tomia yaitu Coral Garden. Berada di kedalaman 18-25 meter, coral garden dihiasi berbagai terumbu karang cantik serta berbagai biota lautnya seperti penyu hijau, lobster, hingga ikan ekor pelangi.

d. Roma

Spot terakhir adalah spot yang berada di sisi barat pulau Tomia yaitu roma. Dengan kedalaman 15-25 meter yang dihiasi banyak terumbu karang warna warni yang memanjakan mata anda. Spot ini juga sangat cocok bagi anda yang belum lama belajar diving.

Itulah sebagian dari keindahan alam bawah laut Wakatobi. Masih sangat banyak tempat yang belum disajikan pada tulisan ini. Untuk itu jika anda masih penasaran dengan hal menarik lainnya datang aja Langsung ke Wakatobi.