Konsep utama dari ekologi adalah ekosistem, yaitu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya (Riberu 2002). Ekosistem apabila ditinjau dari segi penyusunnya terdiri atas empat komponen, yaitu komponen abiotik dan komponen biotik yang mencakup produsen, konsumen, dan pengurai (Resosoederma et al. dalam Indriyanto 2010).

Ekosistem itu mempunyai keteraturan sebagai perwujudan dari kemampuan ekosistem untuk memelihara diri sendiri, mengatur diri sendiri, dan dengan sendirinya mengadakan keseimbangan kembali (Irwan dalam Indriyanto 2010).

Ekosistem memiliki peranan yang sangat penting, menurut Miura et al. (2015) proteksi atau perlindungan fungsi tanah dan air oleh hutan dan pepohonan memberikan hal yang sangat signifikan maka pembayaran jasa ekosistem dan skema ekosistem harus dilakukan.

Komponen abiotik adalah komponen fisik dan kimia yang terdiri atas tanah, air, udara, dan sinar matahari yang berupa medium atau substrat untuk berlangsungnya kehidupan. Komponen produsen adalah organisme autotrofik yang pada umumnya berupa tumbuhan hijau. Komponen konsumen adalah organisme heterotrofik, misalnya hewan dan manusia yang memakan organisme lain. Komponen pengurai adalah tumbuhan atau hewan yang hidupnya bergantung pada bahan organik dan organisme mati.

Semua ekosistem dengan tingkat organisasi berbeda-beda, di dalamnya selalu terdapat empat komponen utama, selalau terjadi interaksi antar komponen, dan terdapat proses ekologi yang secara umum sama (Indriyanto 2010).

Sumber : Redaksi Forester Act !


Referensi

Indriyanto. 2010. Ekologi Hutan. Jakarta (ID): Bumi Aksara.

Miura S, Amacher M, Hofer T, Ayanz J S M, Ernawati, Thackway R. 2015. Protective function and ecosystems services of global forests in the past quarter-century. Forest Ecology and Management. 352(2015): 35-46.

Riberu P. 2002. Pembelajaran ekologi. Jurnal pendidikan Penabur. 1(2002): 125-132.

Suryadi D. 2013. Identifikasi Nilai Konservasi Tinggi Keanekaragaman Hayati di Kampus Institut Pertanian Bogor Dramaga Jawa Barat. [SKRIPSI]. Bogor. Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.