Sebagai sebuah negara kepulauan dengan luas lautan mencapai 5,8 juta km², Indonesia tentunya dipenuhi berbagai pantai yang indah. Pemandangan tepi laut yang cantik dan memukau mata ini tentu menjanjikan untuk jadi tempat berlibur melepas penat. Sebelum berlibur ke pantai, simak beberapa tips berikut!

1. Browsing Paket Island & Sailing Tour

Browsing Paket Island & Sailing Tour

Sebelum berlibur, jauh-jauh hari manfaatkan dengan browsing pilihan paket Island & Sailing Tour. Kamu akan menemukan berbagai pilihan paket menarik. Sesuaikan dengan minat dan budget yang sudah Kamu rencanakan.

2. Pakaian Nyaman dan Sunscreen

Pilih pakaian yang nyaman saat berlibur di dataran rendah berudara panas. Siapkan pula pakaian renang bila Kamu berencana untuk melakukan kegiatan air. Terakhir, jangan lupa menggunakan sunscreen untuk melindungi diri dari sinar UV.

3. Bawa Minuman dan Camilan

Udara pantai yang panas dapat membuat Kamu mengalami dehidrasi, bila terlalu lama berjemur atau berkegiatan. Pastikan Kamu membawa air mineral dan camilan. Disarankan untuk membawa juga buah-buahan segar sebagai camilan.

4. Pilih Musim

Pilih Musim

Saat memutuskan berlibur ke pantai, pastikan cuaca mendukung. Pilih waktu berlibur di musim panas ketika cuaca cerah. Datang saat musim hujan justru membuat Kamu kesulitan mengeksplor daerah tersebut. Bisa jadi pemandangan cantik pantai tidak terlihat karena hujan deras atau Kamu tidak bisa berenang dan berkegiatan di laut karena ombak yang besar.

5. Jaga Keindahan Pantai

Saat berlibur ke pantai yang indah, tentunya Kamu ingin melihat pemandangan yang sama indahnya saat berkunjung kembali. Menjaga keindahan alam wajib dilakukan saat kamu berlibur. Jangan tinggalkan sampah plastik di pantai dan laut, mengambil flora dan fauna dari habitat lautnya atau merusak.

6. Utamakan Keselamatan

Utamakan Keselamatan

Keindahan laut tidak hanya memiliki sisi yang memesona, tapi juga sisi yang berbahaya. Jadi, sekalipun Kamu perenang yang handal atau asyik mengeksplor keindahan pantai selalu patuhi aturan. Jangan berenang melalui batas aman atau mencoba-coba mengeksplor tebing yang dianggap berbahaya.

7. Jangan Pergi Sendiri

Jangan Pergi Sendiri

Ada baiknya saat berlibur ke tepi laut, Kamu tidak datang sendiri. Di musim liburan, tempat ini selalu ramai dengan pengunjung. Seringkali karena terlalu asyik berenang atau menikmati pemandangan, Kamu tidak waspada menjaga barang. Berlibur bersama teman ke tempat ini berarti ada yang ikut bergantian membantu menjaga barang. Selain itu, hal ini juga mengurangi risiko tenggelam.

Yuk kita berwisata ke berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia dan jangan lupa selalu jaga lingkungan kita agar tetap nyaman dan indah.

Sumber: Pesona Magazine Edisi April – Juni 2016 (www.kemenpar.go.id)