Isu-isu lingkungan saat ini menjadi isu yang sangat sering Kamu dengar bukan ? Memang benar banyak pemberitaan tentang bumi yang semakin tua dan mulai tidak stabil. Berita yang santer dibicarakan adalah masalah perubahan iklim dan pemanasan global. Mungkin saat ini Kamu sedang merasakan akibat dari perubahan iklim ataupun pemanasan global ini. Terus meningkatnya suhu udara, banjir dimana-mana, longsor yang sering terjadi, dan tidak stabilnya musim adalah akibat dari perubahan iklim dan pemanasan global.

Tampil keren dan tetap cinta lingkungan menjadikan Kamu sosok yang menarik lho. Berikut ini ada 7 hal yang bisa bikin kamu keren dengan cara cintai lingkungan kamu.

1. Tumbler dan Tempat Makan Sendiri

Tumbler dan Tempat Makan Sendiri 2

Meskipun terlihat sederhana tapi kamu bisa tetap tampil keren. Pemilihan model dan tipe tumbler atau tempat makan yang sesuai selera kamu akan membuat kamu lebih percaya diri. Dengan membawa benda ini, kamu akan dinilai oleh orang lain sebagai sosok yang peka terhadap lingkungan dan mandiri. Dari segi lingkungan, Kamu udah sangat membantu banget, dengan membawa alat makan dan minum sendiri berarti kamu mengurangi konsumsi produk berkemasan plastik ataupun kertas. Bayangkan saja kalo semua orang membawa tumbler sendiri dan tempat makan sendiri, berapa ton plastik atau kertas yang bisa dihemat ?

2. Ecobag untuk Mengganti Kantong Plastik

Ecobag untuk Mengganti Kantong Plastik

Masih ingatkan kalo kantong plastik di mall atau minimarket sekarang tuh berbayar ? Ecobag bisa jadi alternatif buat kamu tampil gaya dan tetap hemat. Untuk tetap tampil modis, kamu sebaiknya membeli Ecobag dengan warna dan gambar ecobag yang modis juga. Biasanya gambar yang terdapat pada Ecobag tentang kampanye hidup hijau, ecobag jenis ini sangat bermanfaat agar orang lain pun tertarik untuk menggunakan Ecobag.

3. Transportasi Umum, Bersepeda, atau Jalan Kaki

Transportasi Umum, Bersepeda, atau Jalan Kaki

Apakah Kamu termasuk orang-orang yang malas jalan kaki atau hanya untuk sekedar menggunakan transportasi umum ? Sulit memang untuk membiasakan berjalan kaki di negara tropis karena suhu yang cukup panas apalagi menggunakan transportasi umum yang fasilitas dan pelayanannya sangat kurang, tetapi dengan Kamu berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum kamu telah memberikan manfaat pada bumi kita dan pada orang lain. Kalo semua orang malas untuk melakukan hal-hal tersebut berarti sudah banyak orang yang mulai memikirkan dirinya masing-masing, ngga enak lho kalo udah banyak orang yang selfish.

4. Kurangi Konsumsi Kertas

Kurangi Konsumsi Kertas

Bahan dasar kertas adalah selulosa dan selulosa sebagian besar berasal dari pohon. Mau berapa juta pohon yang akan kita habiskan ? Udahlah pohon cukup ilang karena kebakaran aja, jangan ditebang terus nanti bumi tambah panas aja.

5. Bijak dalam Menggunakan Energi

Bijak dalam Menggunakan Energi

Kenapa kita harus bijak menggunakan energi ? Karena energi itu dihasilkan dari energi lainnya (kan kita tahu sendiri kalo energi tuh tidak bisa dibuat tapi hanya bisa diubah dari bentuk satu ke bentuk yang lain). Biasanya kita sering menghamburkan energi listrik, meskipun kita membayar atas energi yang kita gunakan tapi tahukah Kamu kalo energi yang terus kita pakai tuh berdampak negatif bagi lingkungan? So jangan buang-buang energi, biar yang butuh banget aja yang pake.

6. Buang Sampah pada Tempatnya

Buang Sampah pada Tempatnya

Illfeel ga sih kalo liat cewek cantik atau cowok cakep buang sampah sembarangan? Mungkin sebagian besar dari kalian ga suka kan? Menjadi pribadi yang teratur dengan cara membuang sampah pada tempatnya menandakan Kamu adalah orang yang bertanggung jawab, peka terhadap lingkungan dan sosial, serta menandakan kalo Kamu adalah pribadi yang bersih. Selain itu, kalo kamu membuang sampah pada tempatnya kamu telah membantu lingkungan sekitar kamu untuk tetap nyaman dihuni dan memberikan kebahagiaan bagi orang lain dari tetap bersihnya lingkungan tersebut. Keren ga tuh ?

7. Ikut Aksi Lingkungan

Ikut Aksi Lingkungan

Nah ini dia hal yang terakhir yang akan buat kamu keren. Ikut aksi yang menyangkut dengan lingkungan akan membuat kamu lebih mengerti arti kehidupan dan merasakan atmosfer berbagi hal-hal yang bermanfaat. Kegiatan ini sangat penting untuk menyadarkan masyarakat bahwa bumi perlu dijaga agar lestari dan layak huni.

Itulah berbagai hal mengenai lingkungan yang akan buat kamu nambah kece. Banyak hal selain hal di atas yang bisa kamu lakukan untuk bumi kita tercinta. Hal terpenting adalah lakukan saat ini juga, jangan hanya membuat rencana yang hanya akan menjadi rencana.

Sumber: Redaksi Forester Act !