Kegiatan mendaki gunung merupakan kegiatan yang makin diminati setelah film 5 cm mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Kegiatan ini sebenarnya tidak semudah seperti yang ada di film tersebut. Ya, kegiatan  mendaki gunung  sebenarnya bukan aktivitas yang mudah dilakukan lho, bahkan tergolong aktivitas yang menantang. Perlu persiapan yang matang baik fisik, mental, dan persiapan peralatan sebelum  melakukan pendakian. Persiapan yang benar akan membuat pendakian gunung berjalan  lancar, aman, dan  nyaman. Berikut ini daftar 10 barang yang wajib kalian bawa saat mendaki gunung.

1. Makanan, Minuman, dan Obat-Obatan

Keperluan Logistik Perkemahan

Mendaki gunung merupakan salah satu jenis aktivitas yang membutuhkan banyak energi. Oleh karena itu, bagi kalian para pendaki wajib membawa makanan siap santap dan bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan energi yang kalian butuhkan. Makanan yang disarankan adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan glukosa tinggi, seperti beras, mi instan, sayuran kering, dan sosis. Pastikan makanan dan bahan makanan yang kalian bawa cukup untuk memenuhi kebutuhan energi selama pendakian berlangsung karena kalian harus ingat  di gunung tidak ada pasar, warung makan, apalagi supermarket.

Minuman juga menjadi hal yang wajib kalian bawa karena jika tubuh kita kekurangan cairan maka kita akan mengalami dehidrasi. Kalian harus mempertimbangkan dengan baik jumlah air minum yang akan kalian bawa agar tidak terlalu banyak menambah beban yang dibawa.

Obat-obatan juga wajib dibawa saat kalian mendaki gunung karena kalian tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama pendakian. Lebih baik membawa dua jenis obat yaitu obat luar (alkohol, plester, minyak kayu putih, serta perban) dan obat dalam (multivitamin, antibiotik, serta obat alergi).

2. Alat Memasak dan Alat Makan

Kompor Gas Portable

Para pendaki tidak perlu membawa alat memasak dalam jumlah yang banyak karena alat masak termasuk dalam peralatan kelompok. Alat memasak yang dimaksud di sini seperti kompor, nesting, dan pisau. Perhatikan pula jenis kompor yang dibawa, pastikan kalian membawa bahan bakar yang cukup. Jika menggunakan kompor gas pastikan membawa lebih dari satu tabung gas kecil. Jika kalian menggunakan kompor berbahan bakar parafin pastikan pula kalian membawa parafin yang cukup serta korek api yang dibungkus menggunakan aluminium foil dan dimasukkan dalam wadah anti air. Kalian juga harus membawa alat makan seperti piring dan sendok. Pastikan pula kalian membawa botol minum ya.

3. Pakaian

Jangan sampai kalian salah dalam membawa maupun memakai pakaian untuk mendaki gunung ya. Jika kalian salah dalam memilih pakaian maka akibatnya fatal bagi kesehatan kalian, tubuh kalian akan mengalami hipotermia (badan membeku parah karena kehilangan panas tubuh). Pakaian yang disarankan untuk mendaki dan beraktivitas adalah pakaian longgar, mudah dicuci, dan menyerap keringat. Pakaian tidur yang disarankan adalah pakaian tebal, longgar, dan dapat menahan panas tubuh. Jaket juga wajib dibawa terlebih jaket yang bersifat wind proof, cold proof, dan water proof. Jaket ini berfungsi untuk mempertahankan panas suhu tubuh kalian dalam kondisi hangat. Sarung tangan, kaos kaki, dan kupluk juga dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh kalian.

4. Tenda

Jika kalian berencana menginap di gunung maka kalian harus membawa tenda. Tenda ini juga merupakan peralatan yang bersifat kelompok, jadi kalian harus memastikan jumlah tenda yang kalian bawa cukup untuk semua anggota kelompok pendakian kalian. Selain berfungsi sebagai pelindung saat tidur, tenda juga berfungsi untuk melindungi kalian dari binatang maupun kondisi alam yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan  pendakian. Tenda yang baik merupakan tenda yang tahan air dan memiliki ventilasi karena apabila tidak memiliki ventilasi udara panas dalam tenda akan tertahan sehingga menaikkan kelembaban udara didalam tenda.

5. Sleeping Bag

Alat ini wajib dibawa bagi kalian yang ingin menginap di gunung. Sleeping bag memiliki fungsi utama menutup bagian tubuh saat tidur agar tetap hangat di gunung yang memiliki udara yang dingin. Pemilihan sleeping bag harus memperhatikan kegunaannya. Pada umumnya sleeping bag untuk mendaki gunung memiliki bahan yang lebih tebal dari pada sleeping bag yang hanya digunakan untuk travelling atau backpacker. Sleeping bag juga terdiri dari berbagai jenis berdasarkan bahan pembuatnya, seperti bahan sintesis, parasit, dacron, dan polar.

6. Sepatu Hiking dan Sandal Hiking

Sepatu Hiking

Medan pendakian gunung merupakan medan yang bersifat dinamis dengan tanah bergelombang, tanah berpasir, tanah berbatu, dan terdapat banyak akar-akar pohon. Sepatu hiking didesain sesuai dengan medan pendakian tersebut sehingga sangat cocok digunakan untuk mendaki. Bagi para pendaki, sepatu gunung dapat digunakan untuk mengantisipasi cedera pada kaki. Sepatu lapang yang baik adalah sepatu lapang yang anti air dan solnya terbuat dari karet. Sandal hiking juga wajib dibawa saat melakukan pendakian karena sandal gunung sangat praktis digunakan untuk beraktivitas di area perkemahan dan juga sebagai cadangan saat sepatu lapang yang kita gunakan rusak.

7. Jas Hujan dan Cover Bag

Jas Hujan dan cover bag juga peralatan wajib yang harus dibawa. Fungsi keduanya adalah melindungi kalian dan barang yang dibawa dari hujan sehingga tetap kering dan tetap nyaman melakukan pendakian. Jas hujan dan cover bag harus diletakkan  di bagian tas yang mudah dijangkau sehingga bisa langsung digunakan dengan cepat saat hujan turun. Selain jas hujan yang berbentuk baju atasan dan celana bawahan, jasa hujan berbentuk ponco juga dapat dibawa. Jas hujan berbentuk ponco ini dapat digunakan untuk membuat bivak sederhana.

8. Headlamp dan Senter

Headlamp dan senter sangat membantu kalian para pendaki dalam pendakian malam hari atau dini hari dalam keadaan gelap. Penggunaan headlamp lebih praktis dari pada penggunaan senter karena dengan menggunakan headlamp tangan tetap mampu bergerak bebas. Namun, jika kalian tetap menggunakan senter, pastikan kalian membawa baterai cadangan. Jangan menggunakan senter handphone karena cahayanya kurang kuat atau tidak cukup membantu dalam menerangi jalan.

9. Matras

Matras Gunung

Matras digunakan sebagai alas untuk tidur di malam hari ataupun alas duduk saat beristirahat. Kegunaan lain dari matras adalah membuat lingkaran dalam tas carrier sehingga barang yang kita bawa dalam carrier dapat diatur dengan baik. Matras juga terdiri dari berbagai macam jenis sesuai bahannya, contohnya matras dari aluminium foil dan karet.

10. Trashbag

Kantong Sampah

Trashbag atau kantong sampah merupakan barang yang wajib dibawa.  Kantong sampah yang terbuat dari plastik ini memiliki beberapa manfaat saat dibawa dalam melakukan pendakian. Manfaat tersebut antara lain, tempat membungkus pakaian, alas tenda, alas atau atap bivak dan yang paling penting untuk tempat sampah yang memudahkan kalian mengumpulkan serta membawa turun sampah. Ingat ya, salah satu tujuan pendakian gunung adalah membangun rasa cinta terhadap lingkungan. Oleh karena itu bagi kalian para pendaki hendaknya tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan ya. Jangan biarkan alam menanggung akibat buruk kegiatan kita.

Nah, itulah 10 barang yang wajib kalian bawa saat mendaki gunung agar aman dan nyaman. Kalian juga wajib menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, ya. Jangan sampai alam ini rusak dan merugikan diri kita sendiri.

Sumber: Redaksi Forester Act !